PENELITIAN KUANTITAIF DAN KUALITATIF

                                                                           PENELITIAN KUANTITAIF DAN KUALITATIF
SUTEJA (STAIN CIREBON)
Pendahuluan
          Penelitian merupakan suatu proses yang panjang.  Ia berawal pada niat untuk mengetahui fenomena tertentu dan selanjutnya berkembang menjadi gagasan, teori, konseptualisasi, pemilihan metode penelitian yang sesuai dan seterusnya. Hasil akhirnya, pada gilirannya, melahirkan gagasan dan teori baru sehingga merupakan suatu proses yang tiada hentinya.
          Secara sederhana langkah-langkah yang lazim ditempuh dalam pelaksanaan penelitian adalah sebagai berikut :
  1. merumuskan masalah penelitian dan menentukan tujuan.
  2. menentukan konsep dan hipotesa serta menggali kepustakaan
  3. pengambilan sampel
  4. pembuatan kuosioner
  5. pekerjaan lapangan, termasuk memilih dan melatih pewawancara
  6. pengolahan data
  7. analisa dan pelaporan.

Penelitian Kuantitatif

Pada prakteknya, seseorang peneliti dapat menentukan pilihan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Penelitian kuantitatif adalah salah satu jenis penelitian yang cenderung lebih menempatkan data kuantitatif sebagai kekuatan kerjanya. Penelitian ini menjadikan data berupa angka, jumlah, bilangan, sera catatan atau dokumen sebagai data utama.
Cara kerja penelitian ini mengutamakan cara-cara tabulasi data  baik berupa tabel, grafik, kurva dan sebagainya. Namun demikian, ia juga bisa dipergunakan untuk mengolah dan menganalisis data kualitatif ke dalam bentuk angka-angka. Sehingga terkesan murni sebagai penelitian kuantitatif.
Penelitian Kualitatif
Dilihat dari aspek datanya, penelitian kualitatif biasanya menjadikan data  berupa teori, konsep, taupun norma-norma tertentu sebagai data penelitian. Cara kerjanya adalah dengan melakukan penafsiran, penjelasan ataupun uraian serta komentar terhadap data tersebut. Jarang sekali peneliti melakukan pengolahan data dalam bentuk tabulasi dari data kualitatif ke dalam bentuk angka atauun bilangan. Namun demikian, tidak mustahil apabila penelitian ini mempergunakan kaidah-kiadah yang berlaku dalam disiplin ilmu yang lazim dipergunakan dalam penelitian kuantitatif seperti statistik.
Penelitian kuantitatif dan kualitatif dapat dipergunakan untuk kerja penelitian yang beragam baik penelitian pendidikan, sosial, agama,  dan juga sejarah. Kedua penelitian itu dapat diterapkan ke dalam penelitian deskripstif dan juga eksperimental.

0 Response to "PENELITIAN KUANTITAIF DAN KUALITATIF"

Posting Komentar